2nd SAGSC 2016 telah berhasil dilaksanakan pada tanggal 22 – 27 Agustus 2016 lalu oleh Society of Exploration Geophysicists Universitas Gadjah Mada Student Chapter (SEG UGM SC) serta Himpunan Mahasiswa Geofisika Universitas Gadjah Mada (HMGF UGM). Acara ini merupakan gabungan dari beberapa sub-acara yang terdiri atas Conference, Exhibition, Competition, Grand Ceremonies, GeoBowl, City Tour, Field Trip, dan Lectures.

sagsc-1-1

Gambar 1. Suasana Presentasi Poster

Pada dasarnya, 2nd SAGSC 2016 merupakan sebuah forum pertemuan ilmiah bagi para pelajar dalam bidang geosains yang memiliki sub-bidangnya masing-masing. Acara ini didesain agar setiap peserta dapat berinteraksi antara yang satu dengan yang lainnya dengan tujuan utama yakni untuk meningkatkan pengetahuan mereka mengenai dunia geosains.

Rangkaian acara utama dalam 2nd SAGSC 2016 diadakan di Hotel University Club, Universitas Gadjah Mada. Rangkaian acara dimulai oleh upacara pembukaan yang diadakan pada hari pertama (Senin, 22 Agustus 2016) dan diakhiri oleh sebuah upacara penutupan, gala dinner, dan pengumuman pemenang yang seluruhnya dilaksanakan pada hari ketiga (Rabu, 24 Agustus 2016).

Pada tahun ini, 2nd SAGSC 2016 menerima sebanyak 194 abstrak, setelah melewati proses seleksi yang dilakukan oleh peer-reviewer pilihan, kami menerima 85 judul abstrak yang nantinya akan dipresentasikan secara oral (sebanyak 50 judul) dan dengan media poster (35 judul). Selain itu, kami juga memilih 20 paper terbaik yang berasal dari 12 paper yang dipresentasikan secara oral serta 8 paper yang dipresentasikan dengan menggunakan media poster. Walaupun Indonesia menjadi tuan rumah pada acara ini, paper terbaik pada tiap kategori presentasi dimenangkan oleh National Central University, Taiwan. Selamat kepada para pemenang yang mengalahkan tuan rumah dari acara ini!

sagsc-1-2

Gambar 2 . Plennary Session yang dihadiri Peserta Paper dan Conference Participants

Inti dari 2nd SAGSC 2016 terdapat pada konferensi pelajar yang diadakan pada tanggal 22 – 24 Agustus 2016, akan tetapi kami juga mengadakan beberapa lomba-lomba untuk mahasiswa serta sebuah pameran pelajar. Semua hal tersebut kami laksanakan untuk menambah kemeriahan 2nd SAGSC 2016. Lomba yang paling meriah pada acara ini adalah GeoBowl, sebuah lomba cerdas cermat yang mempertemukan 9 tim yang berasal dari seluruh Indonesia, acara ini didesain untuk melihat seberapa luas pengetahuan serta kemampuan yang dimiliki oleh pelajar-pelajar di Indonesia untuk bersaing menjadi yang terbaik. Pemenang dari acara ini diraih oleh Universitas Gadjah Mada (juara 1) serta Institut Teknologi Bandung (juara 2 dan 3).

Setelah melalui konferensi selama tiga hari, peserta 2nd SAGSC 2016 dimanjakan oleh sebuah field trip yang dilaksanakan di Gunungapi Merapi (bagi mereka yang menyukai petualangan) serta sebuah city tour yang dilaksanakan pada beberapa lokasi-lokasi tourism di Jogjakarta (bagi mereka yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai budaya Jawa). Setelah melewati satu hari istirahat, 2nd SAGSC 2016 dilanjutkan oleh sebuah seminar serta dua workshop yang disampaikan oleh pembicara-pembicara pilihan kami yang pada dasarnya dilakukan untuk menambah pengetahuan peserta 2nd SAGSC 2016 mengenai ilmu kebumian itu sendiri.

sagsc-1-3

Gambar 3 . Panitia SAGSC 2016 Berterima Kasih kepada
Seluruh Pihak Terlibat Aktif dalam Suksesnya Acara ini

Total peserta yang menghadiri acara ini adalah 628 orang, mereka terdiri atas author-author paper yang dipresentasikan pada konferensi kami, peserta lomba-lomba, student expo, seminar, workshop, serta panitia kami sendiri. Jika dibandingkan dengan acara konferensi pelajar lainnya, 2nd SAGSC 2016 dapat dikategorikan sebagai acara yang sangat besar pada region Asia-Pasifik karena banyaknya jumlah peserta yang kami miliki.

Sebagai penutup, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada sponsor, supporter, serta media partner kami, karena tanpa bantuan mereka, 2nd SAGSC 2016 tidak akan menjadi sebesar serta semeriah ini. Kami juga ingin berterima kasih kepada peserta yang telah menghidupkan acara ini. Apabila anda memiliki informasi lebih lanjut mengenai acara ini, anda dapat langsung menghubungi kami melalui email ke sagsc2016@ugm.ac.id.

Leave a comment

Your email address will not be published.