Kelas Alumni, Geothermal Geophysics

Program Studi Geofisika Universitas Gadjah Mada dikenal sebagai salah satu program Geoscience terbaik di Indonesia. Buktinya, banyak mahasiswa/mahasiswi lulusan Geofisika UGM yang bekerja di perusahaan-perusahaan terbaik di Indonesia. Salah satunya adalah mas Wildan, M. Wildan Perdana. Beliau sekarang bekerja di perusahaan Geothermal yaitu Star Energy, menjadi seorang Geophysicist.

Pada 27 Oktober 2018 yang lalu, mas Wildan berkesempatan untuk mengisi Kelas Alumni di HMGF UGM. Mas Wildan membagikan pengalaman yang sangat berharga bagi teman-teman anggota HMGF UGM. Pada kesempatan tersebut mas Wildan menjelaskan banyak hal mengenai Geothermal. Mulai dari daerah yang memungkinkan terdapatnya manifestasi Geothermal, kondisi geologi, proses pengolahan uap menjadi tenaga listrik, serta penjelasan bagaimana seorang Geofisikawan bekerja di perusahaan Geothermal. Ternyata di perusahaan Geothermal, banyak dibutuhkan lho! Mas Wildan menjabarkan, Geofisikawan berperan dalam proses eksplorasi (disebut 4G, bersama Geoscience lain) dan proses development atau pengembangan. Pada eksplorasi setidaknya dibutuhkan 2 metode Geofisika, yaitu metode MT (Magnetotelluric) dan metode Gravity. Sedangkan pada bagian pengembangan dibutuhkan metode Microseismic/Microearthquakes (MS/MEQ) Monitoring, Microgravity (Precision Gravity), dan Precising Leveling Survey.

Woow! Menarik banget ya. Buruan kejar mendalami metode-metode itu buat yang tertarik menjadi Geophysicist di perusahaan Geothermal deh! Dan kami dari HMGF UGM mengucapkan terima kasih sekali lagi untuk mas Wildan sudah mau berbagi ilmu dan pengalaman (juga doorprize tentunya!) untuk teman-teman Geofisika UGM. Dan semoga kebaikan apapun yang diberikan oleh mas Wildan akan kembali ke mas Wildan juga. Terima kasih, Mas Wildan!