Kelas Alumni, Coal Exploration

Tidak mengikuti arus yang ada dan memilih untuk menjadi berbeda, mungkin itu yang bisa menggambarkan mas Qoudar Ramdhani, alumni Geoofisika UGM angkatan 2005. Mas Qoudar menjadi salah satu Geofisikawan yang bekerja di bidang Pertambangan, khususnya Pertambangan Batubara, PT Kalimantan Prima Persada. Terjun di bidang yang bukan paling diminati di kalangan teman-teman lainnya justru merupakan hal yang seru menurut mas Qoudar lho!

Pada 12 November 2018 yang lalu, mas Qoudar berkesempatan untuk mengisi Kelas Alumni di HMGF UGM. Di kesempatan yang langka itu, Mas Qoudar menceritakan pengalaman pribadi awal mula mendapatkan pekerjaan di bidang pertambangan dan bagaimana tantangan yang harus dihadapinya. Mas Qoudar menjelaskan pada teman-teman Geofisika UGM tentang proses-proses dari Pertambangan Batubara, dimulai dari tahap eksplorasi, eksploitasi, sampai tahap reklamasi daerah pertambangan yang wajib untuk dilakukan. Di pertambangan batubara, Geofisikawan banyak bekerja bersama dengan ahli Geologi, Geodesi, dan Geografi untuk memetakan wilayah kerja. Menurut mas Qoudar, β€œkalian bisa ukur stike-dip kan? Ya kaya gitu kerjanya.” Woooo, mas Qoudar nih suka banget bercanda ya saat penyampaian materi. Beliau juga berpesan, di dunia bekerja, terutama pekerjaan lapangan, kita harus mempunyai jiwa bersosialisasi yang tinggi karena bersinggungan masyarakat awam yang tidak mengerti secara spesifik mengenai dunia eksplorasi sumber daya alam.

Di sela-sela penyampaian materi, mas Qoudar juga memberikan kami oleh-oleh alias doorprize, bagi yang beruntung. Senang banget kami, niat datang untuk dapat ilmu dan eh dikasih bonus hadiah! Kami dari HMGF UGM mengucapkan terima kasih sekali lagi untuk mas Qoudar yang sudah menyempatkan waktu untuk mampir dan berbagi ilmu, cerita, pengalaman, dan hadiah tentunya untuk teman-teman Geofisika UGM. Semoga kebaikan yang Mas berikan pada kami akan kembali ke mas Qoudar juga. Terima kasih, Mas Qoudar!